indonesia blog

blog-indonesia.com
Home » » jadikan ramadahan penuh dengan bacaan al-quran

jadikan ramadahan penuh dengan bacaan al-quran

ramadhan adalah saatnya memperbanyak bacaan al-quran atau yang sering di sebut dengan tadarusan. karena di bulan ramdahan ini adalah awal di turun kannya al-quran, Allah SWT berfirman “Syahru romadhoonalladzii unzila fiihi alqur’aanu hudan linnaasi wabayyinaatin min alhudaa wa al furqoon…..”.Bulan ramadhan adalah bulan dimana diturunkannya al qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan2 …dst.(QS Albaqarah 183).
Ulama-ulama salaf (era sahabat,tabi’in dan atba’ attabi’in) juga para ulama2 kholaf (ulama2 generasi setelah salaf) mempunyai kebiasaan yang sangat unik ketika datang bulan suci ramadhan.Mereka menghususkan diri untuk bermanja2 dengan alquranul kariim.Diantara yang paling masyhur adalah mereka selalu menyibukkan dengan membaca alquran sepanjang waktu.
Dari Usman Bin affan ra berkata,bahwa Rosulullah SAW bersabda:”Sebaik-baik kalian adalah yang mau belajar alquran dan mengajarkannya”.(HR Bukhori 5027).Kalau kita melihat hadits shohih bukhori ini maka jelaslah bagi kita bahwa orang yang paling baik diantaranya adalah mereka yang mau belajar alqur’an dan mengajarkannya.Sebuah kehormatan dan kemuliaan tersendiri bagi mereka yang sibuk belajar dan mengajar alquran.
untuk itu kita sebagai penerus syariat islam, sudah selayaknya membiaskan diri untuk mmbaca,mempelajari, isi dan makna alquran agar lebih terasa apa yang kita baca. 
kalu selam ini kita masih di sibukan dngan hal-hal duniawi sudah saatnya istirahatkan sejenak, khusukan diri dalam membaca,mempelajari dan memahami isi kandungan alquran.banyak cara agar kita bisa asyik dan terbiasa dengan membaca alquran, 
-biasakan dan rutinkan setelah shalat tarawih bacalah alquran, targetkan dalam membaca misalnya dalam membaca selepas shalat tarwih satu juz harus di baca.
-kemudian setelah shalat shubuh upayakan dalam membaca alquran baca alquran hingga matahari terbit atau sampai pagi hari.
- selepas shalt jhuhur bacalah alquran, karena di samping beristirahat dalam bekerja manfatkan waktu yang ada.
- begitupun dengan waktu ashar tiba, setelah melaksanakan shalat ashar mari baca kembali alquran sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba.
  apabila membiaskan diri dengan hal-hal sepeti ini secara konsisten maka alquran yang 30juz akan sangat indah di hatamkan,dan pahal yang kita raih begitu besar, ramadhan pun tidak sia-sia. insya allah segala apa yang kita cita-citakan akan di kabaul oleh allah.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. anak kampung blog - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger