indonesia blog

blog-indonesia.com
Home » » candi jiwa

candi jiwa

Kompleks Percandian Batujaya adalah sebuah suatu kompleks sisa-sisa percandian budha kuno yang terletak di Kecamatan batujaya dan Kecamatan pakisjaya, Kabupaten karawang Provinsi jawabarat Situs ini disebut percandian karena terdiri dari sekumpulan candi yang tersebar di beberapa titik.
Situs Batujaya secara administratif terletak di dua wilayah desa, yaitu Desa Segaran, Kecamatan Batujaya dan Desa Telagajaya, Kecamatan Pakisjaya di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Luas situs Batujaya ini diperkirakan sekitar persawahan dan sebagian di dekat permukiman penduduk dan tidak berada jauh dari garis pantai utara Jawa Barat.  Batujaya kurang lebih terletak 6 kilometer dari pesisir utara dan sekitar 500 meter di utara sungai citarum Keberadaan sungai ini memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap keadaan situs sekarang karen tanah di daerah ini tidak pernah kering sepanjang tahun, baik pada musim kemarau atau pun pada musim hujan. 5km. Situs ini terletak di tengah-tengah daerah
Lokasi percandian ini jika ditempuh menggunakan kendaraan sendiri dan datang dari Jakarta, dapat dicapai dengan mengambil jalan tol cikampek. Keluar di gerbang tol Karawang Barat dan mengambil jurusan rengasdengklok Selanjutnya mengambil jalan ke arah Batujaya di suatu persimpangan. Walaupun jika ditarik garis lurus hanya berjarak sekitar 50km dari Jakarta, waktu tempuh dapat mencapai 3 jam.
Dari segi kualitas, candi di situs Batujaya tidaklah utuh secara umum sebagaimana layaknya sebagian besar bangunan candi. Bangunan-bangunan candi tersebut ditemukan hanya di bagian kaki atau dasar bangunan, kecuali sisa bangunan di situs Candi Blandongan.
Candi-candi yang sebagian besar masih berada di dalam tanah berbentuk gundukan bukit (juga disebut sebagai unur dalam bahasa sunda dan bahasa jawa. Ternyata candi-candi ini tidak memperlihatkan ukuran atau ketinggian bangunan yang sama.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. anak kampung blog - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger